Komunikasi Dalam Teori Shannon and Weaver dan teori Defleure   Leave a comment

  1. Shannon dan  Weaver

Shannon dan Weaver melihat bahwa komunikasi adalah proses pemindahan makna dari sumber pesan (source) kepada penerima pesan  (receiver). Teori ini lebih dikenal dengan pradigma linear yang mengartikan bahwa komunikasi adalah hanya terjadi satu arah. Terjadi satu arah berarti  bahwa receiver tidak memberikan respon atau umpan balik kepada sumber atas pesan yang telah diterima. Paradigma linear dikesankan sangat statis kartena tidak memberikan ruang kepada para pelaku komunikasi untuk adakan dialog.

Fenomena seperti ini dapat kita lihat pada beberapa media berikut:

  1. Televisi: Televisi merupakan media komunikasi yang memiliki pengaruh yang sangat besar  kepada khayalak. Model komunikasi dengan media televise adalah model komunikasi satu arah dimana penonton hanya melihat dan mendengarkan informasi yang berasal dari televise
  2. Radio: Radio juga adalah alat komunikasi satu arah dimana para audience hanya mendengarkan informasi dari radio tanpa ada respon balik.
  3. Surat kabar: Surat kabar adalah media komunikasi satu arah juga. Pembaca hanya membacakan berita tanpa ada umpan balik sebagai tanggapan atas pesan yang diterima.
  4. Defleur

Dalam teori Defleur  komunikasi adalah proses umpan balik atau lebih dikenal dengan paradigma kontergensi. Defleur melihat bahwa penerima (receiver) ketika mendapatkan pesan dari sumber (source) melakukan umpan balik sebagai respon terhadap informasi yang diterima. Komunikasi menurut defelur adalah sesuatu yang dinamis bukannya sekedar pemindahan pesan tetapi lebih dari itu yaitu adanya dialog yang bertujuan untuk semakin meningkatkan kesamaan pemahaman antara source dan receiver. Receiver menurut Defleur mengalami penggandaan fungsi yaitu sebagai penerima dan juga sebagai pemberi sandi terhadap source/sumber pesan.

Fenomena komunikasi umpan balik seperti yang dikatakan oleh Defleur dapat dilihat pada beberapa alat komunikasi berikut:

 

  1. Handphone

Hadphone merupakan alat komunikasi yang memberikan ruang kepada para pelaku komunikasi untuk menciptakan dialog. Jadi komunikasi menggunakan handphone adalah komunikasi dialogis, komunikasi umpan balik yang memungkinkan semua pelaku komunikasi menjadi pemberi dan penerima pesan

  1. Komunikasi melalui media social

Komunikasi melalui media social misalnya facebook dan twitter adalah salah satu jenis komunikasi yang juga memberikan kegandaan fungsi kepada semua pelaku komunikasi. Dalam komunikasi media social terjadi umpan balik atau adanya pertukaran pesan.

  1. Televisi

Pada dasarnya media televise adalah media komunikasi linear/ satu arah tetapi berkat kemajuan dan adanya tekhnik peningkatan kualitas pemberitaan maka disiapkan dialog dengan narasumber  dan pemirsa melalui telewicara.

  1. Radio

Pada dasarnya sama dengan televise, media ini juga melakukan sebuah perubahan dalam proses penyampaian pesan dengan mengadakan dialog dengan narasumber dan pemirsa.

  1. Surat Kabar

Pada dasarnya media surat kabar tetap menggunakan komunikasi satu arah. Tetapi demi terciptanya pelayanan yang memuaskan media ini menyiapkan kolom tentang suara pembaca. Itu dimaksudkan agar terjadi dialog melalui tulisan.

 

Posted Mei 3, 2012 by ericksabini in Teknologi Komunikasi

Tinggalkan komentar