TV DIGITAL DAN RADIO DIGITAL   Leave a comment

Manusia vs Digitalisasi

Salah satu prinsip ekonomi yang memvonis salah satu sifat dasar manusia adalah tidak merasa puas dengan apa yang ada. Boleh ditentang tetapi pada konteks era digital penulis menilai bahwa prinsip ekonomi itu benar. Alasan utama lahirnya era digital adalah adanya kejenuhan atau titik kebosanan manusia pada apa yang ia raih, apa yang telah ia capai.

Perubahan ruang dan waktu telah menghantar manusia pada pilihan berbeda bahwa perubahan itu harus diimbangi dengan tekhnologi. Sebab ketika tidak sejalan maka akan tercipta keterlambatan, akan tercipta ketidaktahuan pada apa yang terjadi di muka bumi.

Era digital merupakan symbol bagaiamana manusia ingin berpacu dengan kemajuan kekinian yang lebih popular dengan sebutan modernisasi. Modernisasi telah memicu sebuah dinamika kehidupan manusia di segala sisi dan sisi yang sangat jelas adalah tekhnologi komunikasi.

Tolak ukur modernisasi adalah adanya kemajuan di bidang tekhnologi dan era digital telah hadir menjawabi tantangan modernisasi. Televisi digital dan radio digital merupakan  produk modernisasi. Ketika manusia telah bosan dengan layanan TV analog dan radio yang terkesan kuno. Manusia berusaha untuk mencapai ruang baru, menciptakan model baru yang diproyeksikan mampu menjawabi kebutuhan manusia akan informasi.

Digitalisasi merupakan proses pelembagaan era digital. Indonesia pun dengan status sebagai Negara berkembang malah mendapat imbas dari perubahan ini. Semua jamuan media berubah ke media digital sehingga semua manusia Indonesia dengan mudah memperoleh informasi berkualitas dengan layanan yang baik.

Pelembagaan era digital merupakan suatu yang harus disyukuri karena mencerminkan bahwa informasi bukan hanya dimiliki oleh kaum elite tetapi untuk semua warga Negara.

Berikut adalah tekhnologi yang tersentuh oleh era digital:

  1. A.   TV Digital

TV digital merupakan transformasi modern dari TV abnalog. Inilah salah satu sajian terbaik dari produk produk digital. Banyak yang berpendapat bahwa TV digital telah menjawabi dahaga manusia akan informasi yang berkualitas, cepat dan mendalam. Pemerintah sejak 2007 secara rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat Indonesia mengenai layanan fungsi TV digital dan dalam hal ini penulis melihat bahwa maraknya sosialisasi ini merupakan salah satu kinerja menkoinfo di era itu yang selalu dilakukan hingga sekarang.

Karakteristik TV Digital

. Mentransmisi signal yang menggunakan kode 01 pada penyiaran On-air

. DTV dipancarkan menggunakan menggunakan Ultra High Frequency (UHC) dengan spectrum  radio  mulai dari 6 MHZ

. DTV mendukung siaran High Defenition TV (HDT)

. HDTV adalah bagian dari standar yang ditetapkan untuk DTV

. Standar yang ditetapkan untuk DTV berkaitan dengan bagaimana audio dan video dapat dapat diterjemahkan dan ditransmisikan.

. Semua DTV tidak memiliki kualitas yang sama karena beberapa level kualitas dari DTV

Keunggulan TV digital

. Hasil siaran dengan kualitas gambar yang tinggi, dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi pula

.  Memerlukan kanal siaran dengan laju yang sangat tinggi, mencapai mbps untuk pengiriman informasi berkualitas tinggi

. Tahan terhadap gangguan termasuk gangguan cuaca, mudah diperbaiki dengan menggunakan system koreksi eror.

. Tampilan gambar tidak berkedip kedip dan sangat jernih

. Konten yang tersedia sangat kreatif, menarik, bervariasi atau layanan lebih banyak

. Siaran interaktif sehingga memungkinkan semua pemirsa untuk berinteraksi dengan para pekerja media.

. Memiliki HDTV yang memiliki standar tertinggi saat ini.

. Kualitas terendah format digital adalah kualitas tertinggi yang dimiliki TV analog

  1. B.   Radio Digital

Sama dengan TV Digital radio digital merupakan transformasi bentuk dari radio masa lalu yang terkesan membosankan. Meskipun hanya berkutat pada system audio, radio tetap berevolusi mengubah bentuk demi terciptanya layanan yang prima pada masyarakat. Transformasi bentuk pada radio merupakan sebuah cara untuk mengimbangi dominasi media Televisi dan tidak terpental jauh dari pasar komunikasi.

Karakteristik Radio digital

.Suara yang dihasilkan radio digital lebih jernih, dengan mutu signal yang tinggi.

. Menggabungkan signal radio analog dengan signal audio digital agar diperoleh kompatibilitas.

. Siaran radio digital mengubah informasi analog menjadi angka angka biner yang nilainya selalu berubah sesuai dengan besaran signal audio analog yang masuk.

.Tekhnologi radio mengirimkan informasi menggunakan signal digital

 Kelebihan Radio Digital

. Kualitas suara yang seperti CD

. Memiliki efisiensi daya pancar dan efisiensi infrastruktur sehingga dapat meminimalisir biaya produksi.

. Spektrum signal pada radio digital juga lebih stabil ketimbang radio konvensional.

. Memiliki single frequency network sehingga pada suatu kanal dapat diisi oleh lima sampai enam program  radio.

. Layanan yang interaktif  dan ubiquitous

Era digital telah menjadi tontonan baru pada zaman moderen. Kehadiran TV digital dan radio digital sanggup menjawabi kebutuhan manusia akan informasi, selain itu juga penghibur di tengah maraknya persoalan ekonomi dan social yang menimpa manusia. Kita berharap klimaks tekhnologi bukan hanya terbatas pada era digital tetapi terus menerus berevolusi demi keberimbangan antara manusia dengan ruang dan waktu. (fredrikus)

Posted Juli 1, 2012 by ericksabini in Teknologi Komunikasi

Tinggalkan komentar